Tugas Pokok & Fungsi

              Berdasarkan Peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor 87 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata kerja pada Kelurahan Benda Baru adalah :

  1. Lurah

Mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi, mengendalikan, Pemerintahan Kelurahan dalam menyelenggarakan Pemerintahan Pembangunan dan Kemasyarakatan.

 Lurah mempunyai tugas membantu Camat dalam:

  1. menyusun dan mengusulkan perencanaan pembangunan serta kegiatan di Kelurahan;
  2. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian,pemantauan pelaksanaan kegiatan Pemerintahan di Kelurahan;
  3. melaksanakan pembinaan, Pengawasan, Pengendalian, Pemantauan pelaksanaan kegiatan tugas pegawai di lingkup Kelurahan;
  4. melaksanakan kegiatan pemerintahan Kelurahan;
  5. melakukan pemberdayaan masyarakat;
  6. melaksanakan pelayanan masyarakat;
  7. memelihara ketenteraman dan ketertiban umum;
  8. memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum;
  9. menyusun laporan  dan  melakukan  evaluasi  pelaksanaan  tugas  pegawai Kelurahan; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas serta ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

  1. Sekretaris Lurah

Mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan pembinaan, mengarahkan dan mengendalikan penyelenggaraan bidang kesekretariatan yang meliputi administrasi keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan umum ketatausahaan serta membantu mengkoordinasikan kegiatan di kelurahan.

  1. mengkoordinasikan pelaksanaan perencanaan dan penganggaran lingkup Kelurahan;
  2. mengkoordinasikan pelaksanaan administrasi umum, kepegawaian dan keuangan;
  3. melaksananakan pembinaan, pengawasan,pengendalian, pemantauan pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis, perencanaan dan penganggaran, evaluasi dan   pelaporan, serta administrasi umum,   kepegawaian dan keuangan lingkup Kelurahan:
  4. mengkoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat Kelurahan;
  5. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pengendalian kegiatan pada Kelurahan;
  6. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai Kelurahan; dan
  7. melaksanakan tugas lain dari Lurah sesuai dengan tugas.

 

  1. Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum

Mempunyai tugas membantu Lurah dalam merencanakan, melaksanakan pembinaan dan koordinasi serta pengawasan dan pengendalian di bidang kependudukan dan catatan sipil, tenaga kerja dan transmigrasi serta ketertiban umum. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi Pemerintahan menyelenggarakan fungsi :

  1. menyusun perumusan dan pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria pada Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  2. menyusun perumusan dan pelaksanaan program dan anggaran di lingkup Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  3. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  4. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  5. melaksanakan fasilitasi pra musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kelurahan;
  6. memberikan pelayanan surat pengantar pembuatan administrasi kependudukan;
  7. menyelenggarakan pelayanan dan pelaporan administrasi kependudukan;
  8. menginventarisasi dan melaporkan data kelahiran dan kematian warga diKelurahan;
  9. memfasilitasi peserta dan sarana prasarana penyelenggaran sosialisasi administrasi kependudukan kepada Masyarakat;
  10. memfasilitasi data batas Wilayah di tingkat Kelurahan;
  11. melaksanakan koordinasi kepada Rukun Tetangga dan Rukun Warga di Kelurahan;
  12. menyusun profil Kelurahan dan profil pelayanan;
  13. melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap ketentraman dan ketertiban di tingkat Kelurahan;
  14. melaksanakan koordinasi pengamanan dan pembinaan yang dilakukan

Satuan Perlindungan Masyarakat di tingkat Kelurahan;

  1. mengkoordinasikan pelayanan dan pengamanan administrasi pertanahan;
  2. memberikan pelayanan surat pengantar izin keramaian ke pihak terkait dalam satu Kelurahan;
  3. membantu pelaksanaan operasi penertiban reklame skala kecil, spanduk, umbul-umbul dan neonbox yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  4. memberikan pelayanan surat pengantar pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
  5. menginventarisasi dan melaporkan kejadian bencana di Kelurahan;
  6. melaksanakan fasilitasi pembinaan kerukunan hidup beragama di Kelurahan;
  7. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum; dan
  8. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.

4. Seksi Kesejahteraan Sosial

Mempunyai tugas membantu Lurah merencanakan, melaksanakan pembinaan dan koordinasi serta pengawasan dan pengendalian dibidang kesehatan, pendidikan, kebersihan dan pertamanan, kebudayaan, keagamaan, sosial, pemakaman, olahraga dan pemuda. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi kesehjahteraan sosial menyelenggarakan fungsi :

          Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial, memiliki tugas:

  1. menyusun perumusan  dan  pelaksanaan  kebijakan  strategis  dan  teknis pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria pada Seksi Kesejahteraan Sosial;
  2. menyusun perumusan dan pelaksanaan program dan anggaran dilingkup seksi Kesejahteraan Sosial;
  3. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan Kesejahteraan Sosial;
  4. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Kesejahteraan Sosial;
  5. menginventarisasi dan melaporkan calon penerima bantuan dari Pemerintah di Kelurahan;
  6. menginventarisasi dan melaporkan Taman Pemakaman Umum dan Taman Pemakaman Bukan Umum;
  7. melaksanakan pelayanan  surat  pengantar  dispensasi  nikah  dan  surat keterangan proses pensiun;
  8. melaksanakan pelayanan penerbitan rekomendasi pendirian Yayasan dibidang urusan pendidikan formal, non formal dan sosial di Kelurahan;
  9. menginventarisasi dan melaporkan korban Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, gelandangan, pengemis, wanita tuna susila, waria, eks narapidana dan pengidap Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome,   korban perdagangan orang dan penyandang masalah sosial lainnya
  10. menginventarisasi dan melaporkan data jumlah keluarga miskin, keluarga prasejahtera;
  11. menginventarisasi dan melaporkan  data  pemberian  insentif  kepada  guru ngaji, marbot, amil dan pengurus pemakaman;
  12. memfasilitasi peserta penyuluhan administrasi Keluarga Berencana, pelayanan alat kontrasepsi, pendataan pasangan usia subur, tahapan keluarga dan keluarga miskin
  13. memfasilitasi peserta bakti sosial, pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh swasta dan organisasi masyarakat;
  14. menginventarisasi dan melakukan pendataan pelaksanaan program transmigrasi;
  15. memfasilitasi peserta sosialisasi dan pelatihan pemberdayaan masyarakat;
  16. mengoordinasikan Lembaga Kemasyarakatan antara lain Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Rukun Tetangga dan Rukun Warga, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Karang Taruna, dan lembaga sosial keagamaan;
  17. mengoordinasikan, mengendalikan dan mengembangkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan, keindahan dan pembangunan lingkungan Kelurahan;
  18. menyelenggarakan kegiatan Kelurahan siaga dan ramah anak, musyawarah masyarakat dan pelaksanaan kegiatan rutin pos pelayanan terpadu;
  19. memfasilitasi pelaksanaan tempat belajar masyarakat;
  20. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Kesejahteraan Sosial; dan
  21. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.

 

  1. Seksi Ekonomi dan Pembangunan

Membantu tugas membantu Lurah dalam merencanakan melaksanakan pembinaan dan koordinasi serta pengawasan dan pengendalian di bidang tata ruang,pertanahan, bina marga dan pengairan, bangunan dan pemukiman pertanian dan peternakan, perikanan, perindustrian dan perdagangan, koperasi, uasah kecil dan menengah serta pariwisata. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, seksi kesehjahteraan sosial menyelenggarakan fungsi :

 Kepala Seksi Ekonomi Dan Pembangunan, memiliki tugas:

  1. Menyusun perumusan dan pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria pada Seksi Ekonomi Dan Pembangunan;
  2. menyusun perumusan dan pelaksanaan program dan anggaran di lingkup seksi Ekonomi Dan Pembangunan;
  3. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan Ekonomi Dan Pembangunan;
  4. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Ekonomi Dan Pembangunan;
  5. melaksanakan pelayanan Surat Keterangan Domisili Usaha;
  6. menginventarisasi dan melaporkan data industri dan perdagangan di Kelurahan;
  7. melaksanakan pengawasan dan monitoring kegiatan usaha di Kelurahan;
  8. menginventarisasi dan melaporkan data peternak, rumah pemotongan hewan di Kelurahan;
  9. memfasilitasi peserta dan sarana prasarana penyelenggaran kegiatan sosialisasi dan pelatihan dibidang pertanian, perikanan, peternakan, koperasi, industri rumah tangga, teknologi tepat guna yang diselenggarakan Perangkat Daerah;
  10. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Ekonomi Dan Pembangunan; dan
  11. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.